Monday, November 22, 2010

Cara Membuat Animasi Web


Membuat Animasi Flash Pada Website
Dengan Swish 2.0
http://www.geocities.com/ali_kdw
Pendahuluan
Untuk membuat tampilan website yang telah kita bangun menjadi lebih menarik dapat ditambahkan
gambar baik gambar statis maupun gambar dinamis (gambar animasi), suara maupun video. Tentu
saja dalam menambahkan fasilitas ini harus diperhatikan siapa sih yang akan membuka website
anda? Hal ini harus diperhatikan karena tidak semua pengakses website anda mempunyai hardware,
software dan kecepatan akses internet untuk mengakses semua fasilitas website yang anda bangun.
Jika demikian maka website yang anda bangun tidak akan efektif malahan akan menjadi jelek.
Bagi anda yang masih awam tentang Flash dan ingin membuat flash dengan mudah dan cepat, anda
dapat menggunakan alternatif program yang dapat membuat flash dengan mudah dan cepat. Dengan
flash ini website anda akan semakin hidup dengan tampilan animasi yang cukup bagus. Tulisan ini
akan membahas bagaimana membuat dan menambahkan animasi flash ke dalam website.
Apa Itu Flash
Pada saat anda membuka salah satu situs di Internet, mungkin anda pernah menemukan situs web
yang dihiasi dengan animasi yang bagus seperti animasi video. Animasi semacam itu biasanya
dibuat dengan Flash, suatu program animasi yang sangat terkenal keluaran dari Macromedia. Lalu
apakah Flash itu? Flash adalah tool animasi yang dibuat khusus untuk Web. Seperti program
Macromedia’s Director, Flash menyediakan unsur-unsur animasi yang menarik. Tetapi Flash juga
bisa digunakan untuk membuat menu dan berbagai tipe interaktif lainnya.
Sebenarnya apa sih yang membuat file-file Flash begitu terkenal dan menjadi standart animasi dalam
website. Jawabnya adalah karena flash didesain menggunakan teknologi Grafik Vektor (vector
graphics). Grafik vektor merupakan deskripsi matematis dari suatu bentuk, berbeda dengan grafik
dalam format bitmap yang digunakan pada Web seperti file GIF maupun JPG. Grafik vector
menjelaskan bagaimana suatu grafik seharusnya ditampilkan dalam layar. Grafik vektor bukan
kumpulan titik seperti pada format gambar (GIF JPG, BMP).
Karena menggunakan vektor maka ukuran flash dapat diubah sesuai kebutuhan tanpa mempengaruhi
kualitas gambar. Dalam mengakses halaman web pengunjung menggunakan hardware dan software
yang berbeda. Perbedaan inilah yang menyebabkan kemampuan komputer dalam membuka ukuran
window dan resolusi layar. Format file gambar berbasis bitmap (GIF, JPG) kualitasnya akan
disesuikan dengan ukuran window dan layar. Hal inilah yang menyebabkan gambar baik diam
Lisensi Dokumen:
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara
bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah
atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak
diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari
IlmuKomputer.Com.
Kuliah IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
2
maupun animasi kadang ukurannya menjadi sangat besar karena dibuka pada komputer dengan
resolusi yang rendah.
Hal ini tidak berlaku pada animasi Flash, karena Flash menggunakan vektor untuk menyimpan
informasi grafik-nya sehingga tidak terpengaruh oleh resolusi dan ukuran layar. File animasi Flash
akan selalu mempunyai ukuran yang sama tidak perduli dibuka pada ukuran window dan resolusi
layar apa pun.
File Flash disimpan dalam web server dengan ektensi *.SWF. Pada saat browser membuka
halaman web yang berisi file Flash, maka browser akan menjalankan Flash Player dan segera
memainkannya.
Bagaimana Membuat Animasi Dengan Flash?
Untuk membuat animasi dengan flash anda dapat menggunakan program Flash dari Macromedia.
Untuk dapat membuat animasi dengan flash, anda harus belajar program Flash. Dengan makin
berkembangnya software multi media dewasa ini telah banyak program yang meniru flash dengan
kemasan yang sangat mudah dibandingkan dengan Flash itu sendiri. Salah satunya adalah Program
Swish. Di sini akan dijelaskan bagaimana membuat animasi flash yang akan ditampilkan dalam
website anda dengan Swish 2.0.
Instalasi Swish 2.0
Sebelum anda menggunakan program Swish maka anda harus menginstall program Master Swish ke
Hard-Disk anda. Caranya adalah sbb :
· Jalankan file Setup Swish2.0 dari CDROM atau Hardisk Anda (tergantung file Master
Swish letaknya dimana
· Klik dobel file di atas lalu akan muncul
· Pilih Next
File Master (Application)
Kuliah IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
3
· Pilih Yes
· Pilih Next dan tunggu sampai proses Instalasi selesai
· Pilih Close lalu program Swish akan dibuka, tapi sebelumnya anda diminta untuk
mengisikan Registrasi dengan mengisi Site Key.
Cek untuk menjalankan Swish
Kuliah IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
4
· Contoh Site Code adalah D3DC 8326 FEBF FEE9 8F
· Anda diminta untuk memasukkan Site Key (Program Swish dijual di internet dengan harga
$49,95 atau setara dengan Rp. 425.000,-).
· Anda dapat menggunakan versi trial selama 30 hari jika tidak ingin membelinya. 30 hari
cukup untuk belajar dan membuat animasi flash dengan Swish.
· Jika anda telah memasukkan Site Key dengan benar maka Tekan Validate maka akan
muncul ucapan selamat seperti berikut ini
· Tekan OK maka akan muncul tampilan Swish
Bekerja Dengan Swish 2.0
Sebelum anda bekerja dengan program swish lebih baik anda kenali dulu menu-menu yang tersedia
di dalam program.
Ada 9 menu Window dari File, Edit, View, Insert, Modify, Control, Tools, Panel dan Help.
Untuk mengakses fasilitas Swish dapat juga digunakan menu toolbar yang berada di bawah menu
window. Menu toolbar ini akan mempercepat akses dari pada melalui menu window. Arahkan
mouse pada menu toolbar maka akan muncul tulisan yang berisi keterangan menu tersebut.
Tampilan Utama Program Swish 2.0
Scene tempat design
Objek Scene &
Lainnya
Properties Objek
Time Frames
Kuliah IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
5
Latihan 1. Membuat Animasi Tulisan
Pilih menu File > New atau short cut toolbar
Untuk membuat animasi flash baru anda dapat menambahkan objek di dalam scene1 misalnya anda
ingin membuat teks dengan animasi.
Pilih Text lalu klik kiri maka akan muncul tampilan sbb :
Untuk mengubah tulisan Text lakukan pada properties
Memberikan Efek Animasi
Untuk memberikan efek animasi caranya sangat mudah yaitu dengan Pilih Text (Saya Sedang
Belajar Flash) lalu klik kanan pilih Efect
Ubah Text, Warna,
Ukuran dll
Tulisan Text dengan warna biru
huruf Arial 28
Kuliah IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
6
Maka akan muncul window sbb :
Pilih Close
Untuk melihat hasil-nya pilih Tombol Play maka anda akan melihat hasilnya sebagai berikut :
Teks akan bergerak dengan gerakan explode seperti efek yang diberikan pada teks tersebut.
Menambahkan Teks Dalam Scene
Untuk menambahkan teks anda dapat menambahkannya seperti pada cara di atas yaitu dnegan
memilih scene1 lalu klik kanan pilih insert lalu pilih Teks
Pilih Jenis Efek Animasi
Tentukan Durasi Animasi
Untuk berulang Pilih Continue From Previous effects
Kuliah IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
7
Tulis teks Di Poltek POS
Lalu berilah effek seperti pada langkah pertama dengan efek yang lain.
Latihan 2. Membuat Animasi Yang Lebih Lengkap
Program Swish 2.0 telah menyediakan beberapa contoh animasi yang dapat anda gunakan untuk
membuat animasi baik teks, gambar, button (tombol), link ke halaman lain maupun link ke url serta
berbagai efek suara, gambar maupun video.
Jika anda belum begitu mahir dengan program Swish silahkan anda buka file contoh yang disertakan
dalam program Swish
Membuka contoh animasi
Pilih Menu File > Samples > Nama File Swish (*.Swi)
Kuliah IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
8
Pilih Promo.Swi
Tampilan File Promo.Swi
Dalam file promo.swi ini terdapat 6 scene, anda dapat menghapus beberapa scene agar ukuran file
animasi anda tidak terlalu besar. Ukuran file yang terlalu besar akan mempengaruhi waktu akses
pengunjung website anda. Hapuslah Scene 5 dan 6 dengan cara sbb:
Pilih nama Scene (Scene 6) lalu tekan tombol Delete di keyboard maka akan muncul konfirmasi
apakah ingin dihapus secara komplit beserta isi-isinya? Jawab OK.
Demikian juga untuk Scene 5 dengan cara yang sama hapuslah.
Mengedit Isi File Promo.Swi
Setelah anda menghapus scene 5 dan 6 maka sekarang isi dari file promo akan kita edit sesuai
dengan animasi teks yang ingin anda buat.
Pilihlah Scene 1 klik kiri pada tombol + maka Scene 1 akan menampakkan isi-nya di sini terdapat 3
isi dari Scene 1 yaitu Teks dengan tulisan Create, Text dan effects
File Contoh Program Swish (*.Swi)
Menu.Swi
Preloader.Swi
Pseudo.Swi
Ray of Light.Swi
Snakes.Swi
actions.Swi
Button Demo.Swi
First.Swi
Promo.Swi
Spiritdemo.Swi
Kuliah IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
9
Pilih Teks Create dan ubah tulisan Create pada menu properties di sebelah kanan sbb :
Maka pada mode desain akan tampil seperti pada gambar di atas. Lakukan perubahan pada tulisan
Test dan Effects sesuai dengan keinginan anda. Sebagai contoh sebagai berikut :
Mengubah Efek Animasi
Dalam file promo.swi telah diberikan efek animasi untuk setiap scene dan setiap teks yang ada pada
scene. Anda dapat mengubah efek yang ada dengan efek-efek yang disediakan oleh Swish 2.0
dengan cara yang sama dengan latihan 1. seperti contoh berikut :
Pada Scene 1 Teks Selamat mempunyai efek Squeeze (22) artinya efek yang muncul adalah squeeze
dan waktunya 22 detik. Untuk mengubahnya klik dobel pada efek-nya maka akan muncul menu
window sbb :
Pilih Menu Text
Ubah tulisan Create menjadi Selamat, Huruf = Impact dengan
ukuran 48 warna juga bisa diganti sesuai dengan selera anda
tebal perataan dll
Kuliah IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
10
Untuk menutupnya tekan tombol Close.
Untuk mengganti efek squeeze dengan efek lainnya maka efek squeeze harus dihapus terlebih
dahulu dengan cara pilih efek squezze dan tekan tombol delete di keyboard.
Efek squeeze telah dihapus
Sekarang klik kanan pada efek yang kosong
Pilih efek (misalnya Typewriter) maka akan muncul jendela sbb :
Pilih nama efek yang diinginkan
Tentukan durasi waktu animasi
Kuliah IlmuKomputer.Com
11
Tekan close untuk keluar
Lakukan perubahan file tersebut sampai efek yang anda inginan tercapai.
Menyimpan File Swish
Setelah anda melakukan editing file promo.swi maka file tersebut harus disimpan dengan nama lain
(Save as) agar nanti jika diperlukan dapat dipanggil dengan mudah. Untuk menyimpan file Swish
(*.swi) dengan nama lain caranya adalah sbb :
· Pilih menu File > Save as maka akan muncul menu sbb :
· Berilah nama file pada File name = animasi
· Tekan tombol Save
· Di sini anda menyimpan file animasi.swi di forlder
C:\Program Files\SWiSH v2.0\Samples
· Anda dapat menyimpan di tempat lain misal di A:\animasi.Swi
· C:\my document\animasi.swi atau di folder lain di hardisk anda.

Mengeksport File Swish (*.Swi) ke dalam file Flash (*.Swf)
Format file yang dihasilkan oleh Program Swish secara default adalah *.Swi. file ini tidak dapat
dibaca oleh Internet Browser (I.E). Tetapi program Swish menyediakan fasilitas eksport ke program
Flash (*.Swf) agar animasi yang telah anda buat tadi dapat berjalan di web browser. Caranya adalah
sebagai berikut :
Tipe format file Swish (*.Swi)
Kuliah IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
12
Pilih Menu File > Eksport > SWF seperti pada gambar
Lalu Pilih Save
Latihan 2. Menyisipkan Animasi Dalam Website
Setelah file animasi anda buat dengan Swish kini tibalah saatnya untuk menampilkan animasi
tersebut dalam website anda agar website anda lebih menarik dan terkesan dinamis. Untuk
menampilkan animasi ke dalam website anda maka file animasi tadi (animasi.SWF) harus dikopikan
ke dalam Direktori tempat dimana file web di simpan dan tambahkan kode berikut di tempat mana
Flash akan di tempatkan (antara body) :
<body>
<object classid="clsid:D27CDB6E-AE6D-11cf-96B8-444553540000"
codebase="http://www. geocities.com/ali_kdw" width="500" height="90">
<param name="movie" value=" animasi.swf">
<param name="quality" value="high">
<embed src=" animasi.swf" quality="high"
pluginspage="http://www.geocities.com/ali_kdw"
type="application/x-shockwave-flash" width="700" height="159"></embed></object>
</body>
setelah itu coba lihat hasilnya pada web browser anda (IE atau Netscape). Maka hasilnya akan
tampak Flash berjalan. Tentu saja jika Browser anda mendukung Flash. Jika tidak maka Flash tidak
akan jalan. Untuk membuat Browser anda mampu menjalankan Flash caranya anda harus
mensetting-nya sbb :
· Buka program Internet Explorer (I.E).
· Pilih menu Tool > Internet Option
Berilah nama misal animasi
Tentukan tempat penyimpanan
di hardisk anda
Animasi.swf = nama file flash
Kuliah IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
13
· Pada menu Security
·
· Pilih Custom Level
· Pada pilihan Run ActiveX Control and Plug-Ins pilih Enable
· Lalu tekan Tombol OK
Pilih Script control marked save for
scripting = Enabled
Kuliah IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com

Tuesday, November 16, 2010

Sejarah Hacker dan Cracker

Hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka beroperasi dengan sejumlah komputer mainframe. Kata hacker pertama kali muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik dari yang telah dirancang bersama. Kemudian pada tahun 1983, analogi hacker semakin berkembang untuk menyebut seseorang yang memiliki obsesi untuk memahami dan menguasai sistem komputer. Pasalnya, pada tahun tersebut untuk pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee AS. 414 merupakan kode area lokal mereka. Kelompok yang kemudian disebut hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Salah seorang dari antara pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan.
http://duniapustaka.org/wp-content/uploads/2010/11/xp_setup_new_84productions_blogspot_com.jpg
Kemudian pada perkembangan selanjutnya muncul kelompok lain yang menyebut-nyebut diri hacker, padahal bukan. Mereka ini (terutama para pria dewasa) yang mendapat kepuasan lewat membobol komputer dan mengakali telepon (phreaking). Hacker sejati menyebut orang-orang ini ‘cracker’ dan tidak suka bergaul dengan mereka. Hacker sejati memandang cracker sebagai orang malas, tidak
bertanggung jawab, dan tidak terlalu cerdas. Hacker sejati tidak setuju jika dikatakan bahwa dengan menerobos keamanan seseorang telah menjadi hacker.

Para hacker mengadakan pertemuan setiap setahun sekali yaitu diadakan setiap pertengahan bulan Juli di Las Vegas. Ajang pertemuan hacker terbesar di dunia tersebut dinamakan Def Con. Acara Def Con tersebut lebih kepada ajang pertukaran informasi dan teknologi yang berkaitan dengan aktivitas hacking.
http://duniapustaka.org/wp-content/uploads/2010/11/1hacker.jpg
Pengertian Hacker dan Cracker
1. Hacker
Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Sebagai contoh : digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer. Digigumi ini menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya, game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak.
Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata – rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker.
Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan dari kemungkinan perusakan pihak luar “cracker”, menguji jaringan dari kemungkinan lobang yang menjadi peluang para cracker mengobrak – abrik jaringannya, sebagai contoh : perusahaan asuransi dan auditing “Price Waterhouse”. Ia memiliki team hacker yang disebut dengan Tiger Team. Mereka bekerja untuk menguji sistem sekuriti client mereka.
2. Cracker
Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.
http://duniapustaka.org/wp-content/uploads/2010/11/hacker_inside.jpg
Hirarki / Tingkatan Hacker
1. Elite
Ciri-ciri : mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai ‘suhu’.
2. Semi Elite
Ciri-ciri : lebih muda dari golongan elite, mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya), kemampuan programnya cukup untuk mengubah program eksploit.
3. Developed Kiddie
Ciri-ciri : umurnya masih muda (ABG) & masih sekolah, mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya, umumnya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.
4. Script Kiddie
Ciri-ciri : seperti developed kiddie dan juga seperti Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.
5. Lamer
Ciri-ciri : tidak mempunyai pengalaman & pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer sering disebut sebagai ‘wanna-be’ hacker, penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit, melakukan hacking dengan menggunakan software trojan, nuke & DoS, suka menyombongkan diri melalui IRC channel, dan sebagainya. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja.
http://duniapustaka.org/wp-content/uploads/2010/11/hackers-turn-your-computer-bomb.jpg
Cracker tidak mempunyai hirarki khusus karena sifatnya hanya membongkar dan merusak.
Kode Etik Hacker
1. Mampu mengakses komputer tak terbatas dan totalitas.
2. Semua informasi haruslah FREE.
3. Tidak percaya pada otoritas, artinya memperluas desentralisasi.
4. Tidak memakai identitas palsu, seperti nama samaran yang konyol, umur, posisi, dll.
5. Mampu membuat seni keindahan dalam komputer.
6. Komputer dapat mengubah hidup menjadi lebih baik.
7. Pekerjaan yang di lakukan semata-mata demi kebenaran informasi yang harus disebar luaskan.
8. Memegang teguh komitmen tidak membela dominasi ekonomi industri software tertentu.
9. Hacking adalah senjata mayoritas dalam perang melawan pelanggaran batas teknologi komputer.
10. Baik Hacking maupun Phreaking adalah satu-satunya jalan lain untuk menyebarkan informasi pada massa agar tak gagap dalam komputer.
Cracker tidak memiliki kode etik apapun.
Aturan Main Hacker
Gambaran umum aturan main yang perlu di ikuti seorang hacker seperti di jelaskan oleh Scorpio, yaitu:
· Di atas segalanya, hormati pengetahuan & kebebasan informasi.
· Memberitahukan sistem administrator akan adanya pelanggaran keamanan / lubang di keamanan yang anda lihat.
· Jangan mengambil keuntungan yang tidak fair dari hack.
· Tidak mendistribusikan & mengumpulkan software bajakan.
· Tidak pernah mengambil resiko yang bodoh – selalu mengetahui kemampuan sendiri.
· Selalu bersedia untuk secara terbuka / bebas / gratis memberitahukan & mengajarkan berbagai informasi & metoda yang diperoleh.
· Tidak pernah meng-hack sebuah sistem untuk mencuri uang.
· Tidak pernah memberikan akses ke seseorang yang akan membuat kerusakan.
· Tidak pernah secara sengaja menghapus & merusak file di komputer yang dihack.
· Hormati mesin yang di hack, dan memperlakukan dia seperti mesin sendiri.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1e-3qLJH83Trwx9KEsBRZYlNhyphenhyphen3_dzBHwalDLIXNXP1EQtiQHnsVphfxdcTLORKtuQOugJPjcRqGaMjmpMpkJyTgzGoIsGKhCUT7BKU1v1u7QTuQk1RTXx4rB2lkcREB_cGFlJke3jze1/s400/hacker+web3grt.blogspot.com.gif
Hacker sejati akan selalu bertindak berlandaskan kode etik dan aturan main sedang cracker tidak mempunyai kode etik ataupun aturan main karena cracker sifatnya merusak.
 
http://www.rmmandb.com/2010/07/perbedaan-hacker-dan-cracker.html